Fenomena Maraknya Hobi Memancing



Pada awalnya memancing memang dikenal sebagai pekerjaan atau mata pencaharian para nelayan untuk mendapatkan penghasilan. Dan ada juga memancing yang dilakukan bagi mereka untuk mendapatkan bahan makanan. Kemudian kegiatan memancing ini  berkembang menjadi hobi, bukan hanya sekedar sebagai pekerjaan.

Fenomena Maraknya HobHobi Memancing dari manfaat waktu luang dan tingkat stres yang tinggi

Beberapa orang berangapan memancing adalah kegiatan yang membuang waktu, mahal dan berkesan tidak produktif. Namun bagi para penghobi , kesenangan yang di peroleh tidak bisa diukur dengan segi materi. Mereka mengatakan kepuasan yang didapat dari strike sampai dapat mengalahkan ikan adalah hal yang membangakan.

Dari berkembangnya hobi memancing memang membuka peluang usaha baru, mulai dari berdirinya toko alat-alat pemancingan, penyewaan kolam hingga paket wisata yang kadang diselingi dengan “memancing”. Bahkan ada acara tv yang mengulas tentang hobi para pemancing yang kerap disebut mancing mania. Namun maraknya kegiatan memancing pada beberapa tahun terakhir ini menjadi sangat fenomenal. Dibarengi dengan booming hobi hewan peliharaan, terutama burung, dua kegiatan ini menyiratkan akan adanya rahasia keganjilan dalam kehidupan.

Saya ingat ketika masih kecil, dulu kegiatan memancing akan marak ketika masuk bulan Ramadhan, mancing ini sebagai alasan menghabiskan waktu menunggu saat berbuka. Sekarang hampir setiap hari dari pelosok desa sampai perkotaan mudah sekali untuk berpapasan dengan pemancing.

Bukan hanya kalangan penghobi yang memanfaatkan waktu ditengah kesibukan mereka. Orang – orang sekarang malah terlihat disibukan dengan kegiatan memancing ini. Yang patut dipertanyakan kegiatan memancing ini benar murni sebagai hobi atau memang ada udang di balik kail mereka?

Memang bagi sebagian orang ada yang masih benar melakukan kegiatan ini sebagai hobi yang sudah mendarah daging. Namun menurut hemat saya maraknya kegiatan memancing ini disebabkan adanya beberapa hal yang mempengaruhinya. Dan diantara sebab-sebab itu adalah waktu luang serta stres kehidupan yang tinggi.

Yang pertama mengenai banyaknya waktu luang, saya tidak akan membahas tentang tingkat penganguran karena Negara Indonesia sedang dalam perjuangan mengentaskan penganguran dari tingkat kebasahan. Toh banyak juga dari para pekerja yang memanfaatkan waktu setelah pulang bekerja untuk memancing, tapi hampir setiap hari mereka melakukan itu. Dalam fenomena maraknya memancing ini disebabkan oleh virus yang menyebabkan orang-orang tidak malu lagi mempublikasikan waktu luang mereka.

Dan yang kedua mengenai tingkat stress kehidupan yang tinggi. Beberapa orang yang melakukan kegiatan memancing,  kepuasan dari memancing bukan lagi dari strike, menang dari perlawanan ikan tapi mendapatkan ikan hanya soal nomer dua. Mereka mengatakan mendapatkan ketenangan ketika berada dalam area memancing untuk sejenak melupakan beratnya kehidupan dunia. Satu contoh ini cukup untuk mengambarkan maraknya fenomena memancing disebabkan oleh tingkat stres yang tinggi  di kehidupan zaman sekarang.

Tulisan ini bukan bermaksud mencibir anda, bukan juga berasal dari penelitian yang pantas untuk di publikasikan. Namun sebagai opini dari kenyataan dalam kehidupan. Seperti halnya saya, yang jauh dari laut, tapi saya tidak menyukai kolam pemancingan. spot menarik sekitar saya adalah sungai dan anak sungai. Mengayunkan kaki di air dan menghirup udara segar lebih menarik bagi saya dari pada strike.
So... No Strike No What-What, and u?
maraknya hobi memancing dan ini spot mancing yang ekstrim

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fenomena Maraknya Hobi Memancing"

Post a Comment

Silahkan berkomentar, dilarang Spam